Email : info@unisri.ac.id;pmb@unisri.ac.id | Telp. : 0271-853839
Home » Berita » HUT PGSD Unisri ke 4, Gelar Mahakarya Selama 24 Jam Nonstop

HUT PGSD Unisri ke 4, Gelar Mahakarya Selama 24 Jam Nonstop

Solo- Dalam rangka HUT Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta yang ke 4 menggelar Mahakarya Seni PGSD, bertempat di Auditorium Unisri.

Acara dibuka oleh rektor, Prof. Dr. Ir. Kapti Rahayu Kuswanto, dalam sambutannya sanggat bangga dengan kegiatan-kegiatan yang menunjukkan bahwa inilah PGSD yang ada di Unisri. Dimana PGSD Unisri  mempunyai kegiatan ekstra kulikuler untuk pengembangan budaya, saya kira ini merupakan hal yang sangat penting bagaimana pentingnya budaya ini dikembangkan.

Kita tidak akan jadi bangsa yang besar tanpa bisa menghargai budaya kita sendiri. Nah PGSD ini sudah merencanakan pengembangan-pengembangan budaya, karna kita ada di daerah jawa tengah maka pengembangan itu arah budaya jawa. Beliau sangat mengapresiasi teman-teman PGSD yang telah mengembangkan budaya yang ada di PGSD, Semoga apa yang telah digagas dan telah di rencanakan ini akan terus berlanjut, imbuhnya.

Menurut Ketua Prodi PGSD, Sarafudin, SPd,.MPd menyampaikan kegiatan ini dalam rangka ulang tahun PGSD yang ke 4, kami mencoba membuat suatu kemasan acara yang berkaitan dengan ujian kopetensi mata kuliah yang merupakan satu wujud dari karakteristik mata kuliah dimana matakuliah tersebut harus memiliki output produknya baik matakuliah teori maupun mata kuliah prakter. Kebetulan 3 matakuliah seni ini merupakan mata kuliah praktek, yang terdiri dari pendidikan bahasa jawa, pendidikan seni tari dan drama, pendidikan seni kerajinan tangan dan membatik. Kegiatan ini merupakan tanggung jawab dari prodi PGSD bagaimana mempromosikan diri karena prodi ini relatif program studi yang baru namun keberadaannya sangat signifikan baik kegiatan mahasiswa maupun kegiatan dosennya.

Sebagai salah satu tanggung jawab dari penyelenggara pendidikan sekolah dasar, meliki satu tujuan yang termuat dalam visi, misi, tujuan, sasaran dan rensra itu untuk bisa mencerna kemudian menggali dalam rangka menyessuaikan diri dgn pendidikan dasar, karena kurikulum pendidikan dasar itu  harus ada kesamaan dengan kurikulum di PGSD seluruh Indonesia yang sama. Untuk memenuhi permintaan stake holder PGSD Unisri harus lebih unggul dalam kearifan lokal.

Dalam rangkaian mahakarya ini melibatkan 314 mahasiswa yang terdiri dari semester 2,4, dan 6 dengan menampilkan yang terkait mata kuliah seni dan drama yakni tarian kolosal, mata kuliah kerajinan tangan membatik yakni pameran lukisan, dan mata kuliah bahasa jawa yakni ketoprak.

Harapan kami bisa memberikan bekal pada mahasiswa baik teori maupun praktek di tempat kerjanya masing-masing terutama di pendidikan dasar sehingga apapun tantangan yang dihadapi disekolah apakah perubahan kurikulum ataukah kebijakan tentang kearifan lokal mereka sudah siap, pungkasnya.(*)

Galeri Foto

Pada Tanggal : 14 Mei 2018 | Oleh : Humas Unisri
Facebook Twitter Google Digg Reddit LinkedIn Pinterest StumbleUpon Email

TERKAIT


KATEGORI

Copyright 2018 | unisri.ac.id | UPT Komputer UNISRI