Email : info@unisri.ac.id;pmb@unisri.ac.id | Telp. : 0271-853839
Home » Akademik » Kuliah Umum Fakultas Pertanian Unisri Surakarta: Indonesia Sumber Informasi Teknik Agronomi Tingkat Dunia.

Kuliah Umum Fakultas Pertanian Unisri Surakarta: Indonesia Sumber Informasi Teknik Agronomi Tingkat Dunia.

Fakultas Pertanian Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, Rabu (7/12) menyelenggarakan kuliah umum.

Menghadirkan narasumber, Guru Besar Fakultas Pertanian UGM Yogyakarta, Prof. Dr. Ir. Didik Indradewa, Dip. Agr.St.

Dekan Fakultas Pertanian Unisri,  Ir. Siswadi,  MP,  menjelaskan kuliah umum untuk menambah wawasan dan pengetahuan bidang agronomi, dihadiri pimpinan fakultas, dosen dan mahasiwa, angkat tema: Agronomi Berbasis Kearifan Lokal Indonesia.

Dalam paparannya, Didik Indradewa, mengungkapnya kearifan lokal bidang agronomi adalah kempuan petani dalam beradaptasi dengan lingkungan.

Banyak kearifan lokal nenek moyang kita yang dapat digali dan dikembangkan untuk pengembangan iptek internasional dibidang agronomi. Sayang kita justru meninggalkan dan berkiblat ke luar negeri.

” Kita sering terjebak pada pola pikir yang salah, kalau bagus pasti produk luar, kalau jelek pasti produk kita sendiri ” paparnya.

Padahal banyak peneliti luar yang menggunakan konsep tata kelola tanah dan sistem pertanian untuk model pengembangan dibanyak negara.

Lebih lanjut, Didik Indradewa, mengatakan,  karena kita saat ini tidak menggunakan kearifal lokal dalam pengembangan agrobisnis, akibatnya ekosistem menjadi tidak selaras.

Sebagai contoh, tata guna lahan kampung Naga, dibagi tiga kawasan suci, bersih dan kotor. Ada harmoni di sana, sehingga terhindar dari bencana.

Teras batu di lahan tandus di Yogyakarta, sepintas bukan sesuatu hal yang hebat, karena kita biasa melihat setiap hari. Namun dari model teras batu, bisa menjadi lahan kebun jati yang tumbuh subur.

Contoh lain, sistem tanam lorong (alley croping), sistem tanam tanaman  ditanam pada lorong diantara barisan tanaman pagar di NTT.  Saat ini dikembangkan orang asing ke seluruh dunia.

” Indonesia sumber informasi tehnik agronomi tingkat dunia. Tinggal kita mau mengembangkan atau tidak ” pungkasnya (*)

Pada Tanggal : 14 Desember 2016 | Oleh : Humas Unisri
Facebook Twitter Google Digg Reddit LinkedIn Pinterest StumbleUpon Email

TERKAIT


KATEGORI

Copyright 2017 | unisri.ac.id | UPT Komputer UNISRI