Email : info@unisri.ac.id;pmb@unisri.ac.id | Telp. : 0271-853839
Home » Berita » Sabtu, Unisri Wisuda 326 Lulusan

Sabtu, Unisri Wisuda 326 Lulusan

Solo — Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta mewisuda sebanyak 326 lulusan dalam Wisuda Periode II Tahun 2018, di Auditorium Unisri, Solo, Sabtu (13/10).

“Wisudawan dibekali dengan Penomeran Ijazah Nasional (PIN) yang bisa dicek autentifikasinya secara online,” ungkap  Wakil Rektor I Bidang Akademik Unisri Rispantyo kepada wartawan, di Kampus Unisri, Solo, Jumat (12/10).

Kendati demikian, menurut Rispantyo, masih banyak perusahaan maupun instansi yang tetap meminta konfirmasi secara tertulis mengenai lulusan dari PT tersebut ke pihak kampus.

“Padahal dengan adanya Sistem Verifikasi Ijazah Online/Elektronik (Sivil), lulusan yang telah diberi Penomeran Ijazah Nasional (PIN)sebenarnya  takperlu lagi melegalisir ijazahnya.  Instansi atau perusahaan cukup mengeceknya di Sivil,” jelas Rispantyo.

Dijelaskan, pemberlakuan sistem PIN sebenarnya memudahkan penelusuran ijazah serta mempersempit ruang gerak pemalsuan ijazah. Selain itu, lulusan tidak perlu melakukan legalisasi lagi karena nomor ijazah sudah terdaftar secara online di Kemenristekdikti.

Untuk kedua kalinya, menurut Rispantyo, Unisri mewisuda lulusan yang ijazahnya dimasukkan dalam PIN. “Dengan memenuhi ketentuan tersebut, lulusan kami dapat telah memenuhi kredibilitas baik karena sudah diverifikasi konsistensinya dengan riwayat proses pendidikan di perguruan tinggi dan pemenuhan atas standar nasional pendidikan tinggi,” jelasnya.

Rispantyo mengatakan, hingga saat ini masih banyak lembaga atau perusahaan yang belum aware terhadap penggunaan PIN tersebut sehingga masih memerlukan konfirmasi dari pihak perguruan tinggi.

“Bukan karena PT atau lulusannya yang kurang qualified namun karena lebih banyak yang belum aware memanfaatkan Sivil,  ” ujarnya.

Namun demikian, pihaknya tetap akan memberikan konfirmasi yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Sebab selain banyak yang belum aware untuk mengecek keabsahan ijazah secara online, sejak digelarnya pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) serentak beberapa waktu lalu, Sivil sangat sulit diakses.

Sumber: timlo.net (12/10)

Pada Tanggal : 30 Oktober 2018 | Oleh : Humas Unisri
Facebook Twitter Google Digg Reddit LinkedIn Pinterest StumbleUpon Email

TERKAIT


KATEGORI

Copyright 2018 | unisri.ac.id | UPT Komputer UNISRI