Email : info@unisri.ac.id;ppmb@unisri.ac.id | Telp. : 0271-853839
Home » Akademik » Warga Desa Ngunut Optimalkan Tanaman Toga

Warga Desa Ngunut Optimalkan Tanaman Toga

Mahasiswa KKN Unisri Surakarta terus melakukan upaya  pemberdayakan dan pengoptimalan potensi ekonomi desa. Salah satunya dilakukan KKN Unisri kelompok 26 yang berada di desa Ngunut, Jumantono, Karanganyar menyelenggarakan seminar tanaman obat keluarga (toga).

Ketua penyelenggara Veronica Widyastuti mengungkapkan seminar, bertempat di balai desa Ngunut, Jumat (25/8) diikuti 50 warga dan perangkat desa.

” Acara diselenggarakan guna  meningkatkan sumber daya alam yang melimpah di desa Ngunut yang terkenal dengan tanaman obat keluarga atau TOGA. Sehingga tahun lalu memperoleh juara tingkat nasional ” ungkapnya.

Lebih lanjut Veronica memaparkan, selain mahasiswa KKN, bertindak selaku narasumber,  dosen Fatipa Unisri, Linda Kurniawati.

Dalam paparannya, Linda Kurniawati,  menjelaskan tumbuhan yang ditanam  di sekitar rumah mempunyai khasiat penyembuhan sebagai apotik hidup yang dapat dimanfaatkan oleh keluarga secara sederhana. Seperti jahe, kencur, temu lawak, lidah buaya dan sejenisnya, sekaligus dapat diolah sebagai bahan makanan dan minuman olahan yang sehat.

Kepala Desa Ngunut, Gunawan, mendukung sekali pembinaan yang diadakan KKN kelompok 26 karena dapat menginovasi toga biasa menjadi produk makanan sehat, sehingga menambah nilai jual toga dan berharap setelah KKN pulang usaha pengolahan toga tetap berlanjut (*)

Galeri Foto

Pada Tanggal : 28 Agustus 2017 | Oleh : Humas Unisri
Facebook Twitter Google Digg Reddit LinkedIn Pinterest StumbleUpon Email

TERKAIT


KATEGORI

Copyright 2017 | unisri.ac.id | UPT Komputer UNISRI