Email : info@unisri.ac.id;ppmb@unisri.ac.id | Telp. : 0271-853839
Home » Kewirausahaan » Ikatan Wanita Unisri (Iwasri), Dharma Wanitanya Unisri

Ikatan Wanita Unisri (Iwasri), Dharma Wanitanya Unisri

Ikatan Wanita Unisri atau yang kemudian disingkat Iwasri, adalah organisasi yang mewadahi para ibu-ibu yang notabene istri dosen maupun karyawan Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, dan juga termasuk dosen serta karyawan wanita di dalamnya. Kelahiran Iwasri sendiri berdasarkan semangat untuk mengakrabkan dan mempererat jalinan silaturahmi para ibu-ibu istri para dosen atau karyawan Unisri. Tak jarang, di antara sesama ibu-ibu di lingkungan universitas belum saling mengenal satu sama lain sebelumnya. Maka, perlu wadah untuk pengakraban. Dengan segala macam kegiatan dan visi misinya, tak heran apabila organisasi tersebut tak ubahnya seperti Dharma Wanita. Bahkan, Iwasri pun punya mars wajib sendiri.

Di usianya yang kini memasuki 33 tahun, organisasi yang merayakan hari jadinya tiap tanggal 22 Desember tersebut sudah terbilang kenyang akan pengalaman dan silih berganti mengalami regenerasi anggota. Namun, satu kegiatan rutin yang tak pernah lepas dari agenda tahunan, adalah perayaan Hari Kartini. “Kegiatan rutin itu memang selalu kami laksanakan, disamping perayaan Hari Ibu yang merupakan sekaligus Hari Ulang Tahun (HUT) kami. Ada banyak kegiatan disitu, yang tentunya mengarah ke pemberdayaan wanita. Lalu, setiap bulan kami mengadakan pertemuan anggota. Bukan hanya sekadar berkumpul saja, namun ada sesi materi yang berbeda-beda supaya ada manfaatnya,” ungkap Hj. Dwi Astuti Sunaryo, S.H, M.Hum, Ketua Iwasri periode 2010-2015 kepada Joglosemar beberapa waktu lalu.

Aktivitas pun tak hanya terpaku pada kegiatan internal organisasi. Iwasri yang juga tergabung dalam Gabungan Organisasi Wanita (GOS) Surakarta, pun cukup aktif mengirimkan anggota. “Jadi kita mengikuti kegiatan sebulan sekali disana sembari mengirimkan delegasi dua anggota. Disana bahasan yang dikemukakan hampir sama di Iwasri, yakni seputar pemberdayaan wanita, peningkatan keterampilan maupun Bakti Sosial (Baksos) berupa pemberian bantuan,” ucap Dwi Astuti.

Tiap pertemuan pun diselenggarakan oleh tuan rumah secara bergiliran. Pertemuan bulanan Iwasri kali ini, mengulas tentang penuaan dini. Untuk memberikan pemahaman lebih tentang mencegah penuaan dini, maka Iwasri pun menggandeng salah satu pusat kecantikan di Kota Solo sebagai pembicara. “Nah mengenai penuaan dini ini, dibahas tentang bagaimana cara mengurangi atau mencegah penuaan dini agar tidak cepat tua. Apalagi anggota kami kebanyakan memang sudah tak muda lagi. Setiap bulan selalu ada tema berbeda. Seperti pertemuan umumnya, siapa yang menjadi tuan rumah pun bergiliran. Kali ini Fakultas Teknologi dan Industri Pangan yang menjadi tuan rumahnya. Pengecualian ketika acara yang lebih besar seperti Hari Kartini atau Hari Ibu, biasanya dikelola oleh pengurus inti,” terang dosen Fakultas Hukum Unisri tersebut. Putradi Pamungkas

 

Pada Tanggal : 02 Oktober 2015 | Oleh : Humas Unisri
Facebook Twitter Google Digg Reddit LinkedIn Pinterest StumbleUpon Email

TERKAIT


KATEGORI

Copyright 2017 | unisri.ac.id | UPT Komputer UNISRI