Home / Unit Kegiatan Mahasiswa

Unit Kegiatan Mahasiswa

Untuk menyalurkan bakat, minat, dan kegemaran mahasiswa UNISRI, maka dibentuklah Unit Kegiatan Mahasiswa: dari, oleh dan untuk mahasiswa yang berbakat, minat, dan memiliki kegemaran sejenis. UKM tersebut meliputi :

1. Resimen Mahasiswa
Dalam penyelenggaraan pendidikan kemiliteran untuk pemberdayaan kemampuan dan ketrampilan sebagai anggota Resimen Mahasiswa Batalyon Cakrabuana, Mahadipa, maka dilakukan kerjasama Kodam IV Diponegoro dengan pembeayaan dari para mahasiswa dan dukungan kampus.
2. ARCAPADA
UKM ini merupakan tempat berhimpunnya mahasiswa UNISRI yang punya. kegemaran terhadap alam, dengan kegiatan seperti panjat tebing, mendaki gunung, telusurgoa, pelestarian alam.
3. UKMI
Unit Kerokhanian Mahasiswa Islam (Jamaah Masjid Kampus UNISRI “Ar-Rahman”), yang mengadakan kegiatan kerokhanian Islam yang diperuntukan bagi seluruh mahasiswa Islam UNISRI, termasuk ikut berpartisipasi dalam MTQ mahasiswa tingkat daerah dan nasional.
4. Unit Kerokhanian Mahasiswa Katholik
UKM ini menyelenggarakan kegiatan kerokhanian kristen katholik bagi mahasiswa katholik UNISRI, dan berpeluang untuk mengikuti Paduan Suara Gerejawi yang diselenggarakan Dikti.
5. Unit Kerokhanian Mahasiswa Kristen
UKM ini menyelenggarakan kegiatan kerokhanian kristen protestan bagi mahasiswa kristen protestan UNISRI, dan berpeluang untuk mengikuti Paduan Suara Gerejawi yang diselenggarakan Dikti.
6. Persma”APRESIASI”
UKM ini menyelenggarakan kegiatan pers kampus berbasis web, buletin, dan kerjasama dengan harian Joglo Semar untuk rubrik akademika.
7. Paduan Suara
UKM ini di samping kekhususannya di bidang paduan suara, juga menggarap kesenian mahasiswa di bidang seni untuk bisa berkiprah dalam Pekan Seni Mahasiswa Daerah (PEKSIMIDA), Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS), di bawah pembinaan UNISRI dan Badan Pembinaan Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI), dengan cabang kesenian seperti: Seriosa, dangdut, pop, tari, lukis, fotografi, vocal group, monolog, penulisan cerpen dsb.
8. Olah Raga
UKM ini menyelenggarakan kegiatan olah raga bagi mahasiswa, sesuai dengan bakat, minat, dan kegemarannya. Cabang Olah raga yang diminati mahasiswa antara lain: Tenis Meja, Bulu Tangkis, Futsal, Bola Basket, Sepak Bola, Pencak Silat, Karate. Kegiatan Olah Raga tersebut dipertandingkan dalam Pekan Olah Raga Mahasiswa Daerah (POMDA) dan Pekan Olah Raga Mahasiswa Nasional (POMNAS).
9. Kelompok Sukarelawan
Kelompok sukarelawan merupakan unit kegiatan mahasiswa yang mewadahi minat dan kegemaran mahasiswa di bidang rescue. Kelompok ini telah aktif dalam kegiatan-kegiatan kemanusiaan seperti donor darah, penanganan korban bencana alam, dan kegiatan lain terkait dengan misi kemanusiaan.
10. Pramuka
UKM Pramuka adalah unit kegiatan mahasiswa di bidang kepanduan. UKM ini, disamping berkegiatan yang berhubungan dengan kepanduan, juga melakukan kegiatan-kegiatan kemanusiaan seperti halnya KSR. Pramuka telah menunjukkan keberadaannya dengan melibatkan diri pada kegiatan jambore tingkat daerah dan tidak menutup kemungkinan pada tingkat nasional.
11. Unit Kegiatan Mahasiswa Kewirausahaan (UKMW)
UKMW ini merupakan wadah bagi mahasiswa yang memiliki minat pada bidang kewirausahaan. Keberadaan UKM ini diwujudkan dengan didirikannya Pusat Bisnis Mahasiswa berupa kantin dan toko mahasiswa yang menyediakan kebutuhan-kebutuhan pokok mahasiswa. UKM ini sesuai dengan slogan universitas yakni Kampus Entrepreneur.
12. Theater Sukamto
UKM ini menggarap kegiatan mahasiswa di bidang seni untuk bisa berkiprah dalam Pekan Seni Mahasiswa Daerah (PEKSIMIDA), Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS), di bawah pembinaan UNISRI dan Badan Pembinaan Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI), khususnya cabang seni peran, seni tari, monolog, penulisan cerpen dsb.
Dalam menyelenggarakan kegiatan Kemahasiswaan, baik di tingkat Majelis Perwakilan Mahasiswa (MPM), Badan Eksekutif Mahasiswa(BEM), Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa(DPM), Unit kegiatan Mahasiswa(UKM), dan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS), maka dalam pelaksanaannya perlu memperhatikan rambu rambu sebagai berikut :

  1. Setiap mahasiswa berhak untuk mengadakan dan atau mengikuti kegiatan kemahasiswaan.
  2. Pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan sebagaimana dimaksud pada pointa, diatas, tidak boleh mengganggu kegiatan belajar dan pembelajaran dan kegiatan administrasi lainnya.
  3. Kegiatan kemahasiswaan dapat dilaksanakan sepanjang menggunakan nama dan atau atribut universitas, fakultas, jurusan dan atau program studi dengan seijin Rektor, Dekan, Direktur, Ketua Jurusan dan atau Program Studi sesuai dengan ruang lingkup kegiatannya.
  4. Setiap kegiatan kemahasiswaan yang diselenggarakan di UNISRI, penyelenggara wajib mengkoordinasikan dengan SATPAM UNISRI.
  5. Setiap kegiatan kemahasiswaan yang diselenggarakan di luar kampus UNISRI harus memberitahukan dan atau meminta ijin kepolisian, kecuali peraturan menghendaki lain.

Unisri Terjunkan 1053 KKNT MBKM Wujudkan Desa Bangkit Secara Virtual

Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menyelenggarakan penerjunan Kuliah Kerja Nyata Tematik Merdeka Bangkit Kampus Merdeka (KKNT MBKM) mengangkat tema Wujudkan Desa Bangkit secara...

Perguruan Tinggi Berperan Siapkan Masyarakat Hadapi Society 5.0

SOLO-Perguruan tinggi mempunyai peranan cukup penting menyiapkan masyarakat dan organisasi untuk menghadapi society 5.0 atau masyarakat imajinasi. Konsep society 5.0 bukan semata pengganti...

Masa Pandemi Unisri Berqurban 3 Ekor Lembu

Dalam masa pandemi covid-19 yang belum juga berakhir, semangat keberagaman civitas Universitas Slamet Riyadi (Unisri) masih cukup tinggi, terbukti pada saat hari Qurban,...

Unit Pengelolaan MKU Unisri Gelar Seminar Online “Merawat Kebhinekaan Di Era Digital”

KARANGANYARNEWS-Guna memberi penguatan karakter bagi para mahasiswa, unit pengelolaan Mata Kuliah Umum (MKU) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menggelar seminar online melalui zoom...

TIM PKM-PM Fakultas Hukum Unisri Beri Pendampingan Pada UMKM di Wonogiri

Solo- Pentingnya sinergitas antara Pemerintah dengan industri kecil mete di Kabupaten Wonogiri dalam pengembangkan UMKM, karena pentingnya strategi pengembangan akan berpengaruh besar dalam...

Tim Pengabdian Fisip Unisri Memberikan Bantuan Bibit Lele ke Warga

Solo- Tim pengabdian masyarakat fisip Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta baru saja melaksanakan program kreativitas mahasiswa yang merupakan lanjutan dari program pertama belum...

Meski Banyak Kelebihan, Aquaponik Belum Banyak Ditekuni

Solo- Aquaponik masih jarang ditekuni masyarakat, khususnya petani. Padahal aquaponik itu menarik, karena merupakan sistem pertanian yang mengombinasikan akuakultur atau pemeliharaan hewan air dengan...

Copyright 2021 | UNISRI