Home / Berita / Tim Matching Fund Kedaireka Unisri Tahun 2023 Beri Pendampingan Guru-guru SD di Surakarta

Tim Matching Fund Kedaireka Unisri Tahun 2023 Beri Pendampingan Guru-guru SD di Surakarta

Tim Matching Fund Kedaireka Unisri Tahun 2023 Beri Pendampingan Guru-guru SD di Surakarta


Solo- Tim Matching Fund Kedaireka Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Tahun 2023 beri pendampingan guru-guru SD di Surakarta, peserta terdiri dari guru-guru SD di Surakarta, kegiatan ini bertempat di Syari’ah hotel Solo (13/9).

Menurut ketua pelaksana, Prof. DR, Dra, Siti Supeni, SH, M.Pd, Program Kegiatan MF-Kedaireka ini sebagai kelanjutan yang pernah dilakukan di tahun 2022, dan untuk tahun 2023 ini mengambil Judul “Optimalisasi Pengembangan Wayang Orang Sriwedari sebagai media pendidikan karakter ikon kebudayaan dan pariwisata di kota Surakarta tahun 2023″, menurut beliau permasalahan yang terjadi ini berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan karakter pada kesenian WOS yang dikenalkan pada peserta didik SD dan SMP, dengan menghadirkan Dr.Anita Trisiana, S.Pd., M.H. (Dosen FKIP Unisri) sebagai narasumber dengan materi Project Based Learning.

Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pendampingan kepada guru-guru SD dan SMP untuk penyampaian metode pembelajaran berbasis proyek melalui buku project based learning berbasis nilai karakter Wayang dan untuk pembuatan video pembelajaran pendidikan karakter dengan media pendekatan WOS yang akan disosialisasikan bagi peserta didik.

Kami juga ingin menawarkan inovasi yang belum ada antara lain:
1.Pendidikan Karakter melalui kesenian WOS dikenalkan pada peserta didik SD dan SMP, Kota Surakarta. (besok tg 15 September 2023 di GWOS).
2. Guru-guru SD dan SMP dalam penyampaian metode pembelajaran berbasis proyek melalui Buku Project Based Learning berbasis nilai karakter wayang, (hasil FGD hari ini).
3. Pembuatan Video pembelajaran pendidikan karakter dengan media pendekatan WOS yang akan disosialisasikan bagi peserta didik.
Agar Guru SD dan SMP mampu mengenalkan kesenian WOS kepada peserta didik di jenjang SD, SMP serta pendidikan Karakter melalui Pendampingan kepada para Guru SD dan SMP sehingga mampu memahami dan bisa menerapkan Buku ajar Project Based Leaming berbasis Nilai-nilai karakter WO sebagai media pembelajaran di sekolah, dan Video pembelajaran pendidikan karakter dengan media pendekatan WOS yang akan disosialisasikan bagi peserta didik.

Lebih lanjut Siti Supeni menambahkan dengan adanya pemberdayaan, Mahasiswa Magang Independent (5 mhs) PGSD-PPKn FKIP Unisri , terlibat pada semua kegiatan yg kami lakukan (20 SKS) dengan SK Rektor, sehingga mampu menghasilkan produk pendampingan alih teknologi dan dalam bentuk Video Pendidikan Karakter Wayang dan Buku ajar Project Base Learning sbg media pembelajaran di SD/SMP.

Luaran yang sudah kami hasilkan dintahun 2023 antara lain buku media pembelajaran “Project Base Learning Pendidikan Karakter Berbasis Wayang”, video media pembelajaran “Project Base Learning Pendidikan Karakter Berbasis Wayang”.
Sebagai perguruan tinggi Unisri ikut berkontribusi dalam pengembangan WOS, dimana peran akademisi dalam menggali dan mengembangkan riset & pengabdian masyarakat serta sebagai wahana mahasiswa Magang independent MBKM, jelasnya.

Untuk fasilitas pengembangan SDM-WOS dari program MF-Kedaireka, serta pelaksanaan goes to schools, WOS pada peserta didik SD dan SMP sangat bermanfaat bagi sekolah atau masyarakat sehingga mampu mempraktikkan pendidikan karakter wayang yang baik kepada peserta didik sehingga memperoleh lesson value dari Video Media Pembelajaran “Project based learning tentang pendidikan Karakter Berbasis Wayang”, sehingga Guru bisa menambah buku referensi sebagai media pendidikan karakter.

Apa yang kita lakukan oleh tim matching Fund kedai reka ini sangat berdampak bagi mitra kami baik dibidang ekonomi (Peningkatan jumlah penonton WO meningkatnya income dari segi tiket masuk, endorse iklan di media cetak dan online), bidang sosial budaya (Terwujudnya pelestarian budaya tak benda WO sebagai media Pendidikan Karakter), dan bidang pendidikan (Sebagai salah satu media pembelajaran Pendidikan karakter dan pelestarian budaya).

Kami berharapan semoga selesainya program kegiatan ini dapat terus dikembangkan inovasi-inovasi baru dalam melakukan Pendidikan Karakter dari berbagai perspektif.

Acara dibuka oleh ketua yayasan, Nuroso Bambang Wasisto Utomo, S.E,. M.M. dalam sambutannya beliau sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini sehingga kegiatan ini tidak berhenti sampai disini, beliau berharap di tahun milenial ini seluruh orangtua tetap mengajarkan pendidikan karakter untuk anak terkait sopan santun dan tidak meninggalkan etika budaya’ Jawa, pungkasnya.(*)


Program Praktisi Mengajar, Fakultas Hukum Unisri Gandeng Alumni Praktisi Hukum

Untuk kali ketiga Fakultas Hukum Unsri Solo melaksanakan program kerja praktisi mengajar pada semester genap tahun akademik 2023/2024. Dalam program praktisi mengajar Senin...

Prodi HI Unisri Gelar Lokakarya Pengembangan Pembelajaran Kolaboratif dan Partisipatif

Universitas Slamet Riyadi / Unisri Solo menyelenggarakan “Lokakarya Pengembangan Pembelajaran Kolaboratif dan Partisipatif”, Selasa (11/6/2024), di Solo. Lokakarya itu agenda pertama dari rangkaian...

Expo UMKM Unisri 2024 : Bergerak Maju Menuju UMKM yang Bermutu

Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo menggelar Expo UMKM Unisri 2024 di Balaikota Surakarta, Sabtu, 8 Juni 2024. Acara yang berlangsung mulai pukul 08.00...

Kuliah Bersama Praktisi di Fakultas Pertanian Unisri : Prospek dan Kendala Budidaya Krisan

Dalam rangka mengimplementasikan program merdeka belajar kampus merdeka atau MBKM maka peran praktisi sangat penting. Dan melalui program kerja universitas, Fakultas Pertanian Universitas...

Teliti Kinerja Dosen di Lingkungan LLDIKTI VI Jawa Tengah, Sunarso Raih Gelar Doktor

Dosen Universitas Slamet Riyadi Surakarta Sunarso meraih gelar Doktor dalam Program Studi Ilmu Ekonomi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas 17 Agustus 1945...

HMPS PG-PAUD Gelar Workshop Muppet Fun And Crafting

HMPS PG-PAUD Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menggelar workshop Muppet Fun And Crafting, bertempat di gedung H Ruang Seminar lantai 5 Unisri, acara...

Tim PKM Prodi PBI Unisri Adakan Sosialisasi Pentingnya Multiple Intelligence dan Pemanfaatan Media Digital

Tim PKM dari Prodi PBI Unisri Solo yang diketuai Dr. Ch. Evy Tri Widyahening, M.Hum mengadakan sosialisasi tentang pentingnya multiple intelligence (kecerdasan jamak)...

Copyright 2024 | UNISRI