Home / Berita / Laksanaan Progran Intership, Unisri Kirim 17 Mahasiswa ke Jepang

Laksanaan Progran Intership, Unisri Kirim 17 Mahasiswa ke Jepang

Dekan Fakultas Pertanian Unisri Surakarta Dr Dewi Ratna Nurhayati menandatangani kerja sama program intership dengan PT Sinzhou Panca Indonesia dan Enji Ltd, di kampus setempat, Kamis (10/3/2022).

Laksanaan Progran Intership, Unisri Kirim 17 Mahasiswa ke Jepang

SOLO-Untuk menjadi negara maju, seperti dalam Visi Indonesia 2045, perlu disokong sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan dan kemampuan siap bersaing di level internasional.

Sebab, kata Dekan Fakultas Pertanian Universitas Slamet Riyadi Surakarta Dr Dewi Ratna Nurhayati, permasalahan bangsa dan peluang kerja yang akan datang tidak akan lagi bertumpu pada sumber daya alam, tetapi pada kemampuan manusianya dalam bekerja.

Perguruan tinggi sebagai lembaga ilmu, pengetahuan, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat, kata Dr Dewi, dituntut lebih fokus dalam merealisasikan target kinerja.

Nah, kata dia, salah satu kunci dalam mengatur kinerja perguruan tinggi ialah melalui Indikator Kinerja Utama (IKU) yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Dan melalui dana hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM), lanjut dia, Fakultas Pertanian Universitas Selamet Riyadi mempersiapkan program intership ke Jepang bagi mahasiswa.

Dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) 1,2, 6, lulusan mendapat pekerjaan layak, mahasiswa dapat pengalaman di luar kampus dan Program Studi bekerjasama dengan mitra kelas dunia.

Program intership ke Jepang itu, kata dia, persiapannya telah diawali sejak sosialisasi dengan beberapa mitra penyelenggara internship ke Jepang, persyaratan, hingga penentuan mitra penerima mahasiswa internship di Jepang .

“Ini penting, sebab para mahasiswa akan mendapat pengalaman sesuai bidang kompetensinya, bidang pertanian maupun budaya di Jepang, meningkatkan wawasan, berkesempatan mendapatkan pekerjaan, dan memperoleh uang saku,” kata Dr Dewi.

Itu dikatakan di sela penadatangan kerja sama antara Fakultas Pertanian dengan PT Sinzhou Panca Indonesia dan Enji Ltd, di kampus setempat, Kamis (10/3/2022).

Penandatanganan diisaksikan Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Slamet Riyadi Sularno, Rektor Unisri Surakarta Prof Dr Sutardi , Wakil Rektor Dr Rispantyo, para dosen dan para mahasiswa kandidat internship.

Dua pekan sebelumnya, Rabu (2/3/2022), 17 mahasiswa kandidat internship itu mengikuti pelatihan. Ada pun keberangkatan internship akan dilaksanakan Desember 2022.

Baik Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Slamet Riyadi maupun Rektor Unisri. Menurut mereka, dalam suasana terbuka seperti sekarang ini, sangat memungkinkan perguruan tinggi bekerja sama dengan pihak luar negeri.

“Karena itu, perguruan tinggi harus menyiapkan sumber daya manusia yang kompeten di level global selain lokal,” kata Sularno, saat pelatihan internship bagi para kandidat.


Copyright 2022 | UNISRI