Home / Berita / Unisri Gelar Pengenalan Budaya Jawa pada Mahasiswa PPMM

Unisri Gelar Pengenalan Budaya Jawa pada Mahasiswa PPMM

SOLO- Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta gelar seminar Pengenalan Kesenian Tradisional Jawa, bertempat di ruang seminar lantai3 kampus B, (17/1).

menurut Andri Astuti, ketua pelaksana menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PPMM) yang diselenggarakan oleh kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). sebagai perguruan tinggi penerima pertukaran mahasiswa merdeka dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, Unisri berusaha mengenalkan budaya Jawa kepada mahasiswa yang berasal dari luar Jawa.

Tujuan kegiatan ini, untuk memberikan pemahaman yang terkait keragaman budaya di Indonesia sehingga bisa menumbuhkan rasa saling menghormati dan memiliki rasa toleransi yang tinggi. Dengan menghadirkan Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Puger, kami berharap mahasiswa luar Jawa bisa mengenal keragaman Budaya Jawa, jelasnya.

Acara dibuka oleh rektor Unisri, Prof. Dr. Ir. Sutardi. MAppSc., dalam sambutannya beliau sangat bersyukur dengan adanya program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini kita bisa di pertemukan oleh Mahasiswa dari dari sabang sampai merauke. Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa Negara Kesatuan Republik indonesia dan Bhineka Tunggal Ika merupakan pilar yang sangat ampuh yang bisa menjadi perekat dan pemersatu bangsa Indonesia yang tentunya menjadi pondasi.

Dalam paparannya Gusti Puger menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat perlu dilaksanakan agar membangkitkan jiwa peserta untuk lebih mengenal kesenian dan mampu berkarya. Selain melestarikan budaya Jawa serta mengenalkan nilai-nilai dasar dalam kebudayaan tradisional diharapkan kesenian ini mampu menjadi trobosan yang baru dalam dunia modern, pungkasnya(*).


Copyright 2022 | UNISRI