Home / Berita / PSPKM Unisri Surakarta dan Puskesmas Sukodono Bekerjasama Turunkan Angka Stunting

PSPKM Unisri Surakarta dan Puskesmas Sukodono Bekerjasama Turunkan Angka Stunting

Berdasarkan SSGI (Survey Status Gizi Indonesia) tahun 2022, Kabupaten Sragen mengalami kenaikan angka stunting dari 18,8% di 2021 menjadi 24,4% tahun 2022.

Angka itu masih lebih tinggi dari Jawa Tengah yang rata – rata 20%. Berdasar data tahun 2023 (di Bulan Januari), Kecamatan di Sragen yang angka stunting yang cukup tinggi yaitu Kecamatan Masaran, Mondokan dan Sukodono.

Nah, melihat kondisi itu, pusat studi pangan dan Kesehatan masyarakat (PSPKM) Unisri Surakarta bekerja sama dengan Puskesmas Sukodono melakukan pengamatan terhadap program pengentasan stunting yang dilakukan Puskesmas Sukodono khususnya di Desa Bendo.

Pengamatan dilakukan pada anak stunting sebanyak 20 balita dan setiap harinya memperoleh PMT (pemberian makanan tambahan) dari Puskesmas Sukodono selama beberapa bulan.

PSPKM Bersama mahasiswa dari Fakultas Teknologi dan Industri Pangan unisri setiap 10 hari sekali melakukan penimbangan dan pengukuran tinggi badan dari para balita yang mengalami stunting.

Hasil pengukuran menunjukkan bahwa pemberian PMT belum secara signifikan berpengaruh nyata terhadap kondisi stunting dari para balita tersebut.

PSPKM Unisri Surakarta dan Puskesmas Sukodono Bekerjasama Turunkan Angka Stunting

PSPKM Unisri Surakarta dan Puskesmas Sukodono Bekerjasama Turunkan Angka Stunting

Kepala Puskesmas Sukodono, dokter Susana mengatakan, diperlukan strategi yang lebih kreatif untuk mengentaskan stunting di wilayah Sukodono. Dan juga perlu dikaji secara mendalam problem yang terjadi di keluarga yang mengalami stunting.

Baik dari sisi sosial ekonomi, perilaku hidup sehat dan pengetahuan akan gizi anak, serta factor lain yang kemungkinan mendukung terjadinya stunting.

“Sesuai target, stunting di Kabupaten Sragen di 2024 dapat turun menjadi 13,3%, sesuai target nasional sebesar 14%,” kata dokter Susana.

Berdasar kondisi tersebut, Kepala PSPKM Akhmad Mustofa berharap dapat melakukan penelitian yang lebih mendalam di daerah Sukodono khususnya, untuk menentukan factor factor yang berpengaruh nyata terhadap stunting dan solusi untuk mengentaskannya.

“Kerjasama antara Puskesmas dengan PSPKM diharapkan dapat mewujudkan target penurunan angka stunting,” kata Akhmad Mustofa.(*) (HUMAS UNISRI)


Rektor Unisri Road Show Tanda Tangani MoU di Sejumlah Lembaga

Rektor Universitas Slamet Riyadi / Unisri Surakarta Prof Dr Sutoyo melakukan roadshow ke sejumlah lembaga untuk menandatangani nota kesepahaman kerja sama atau MoU....

Unisri Gelar Seminar Proposal, Dosen Wajib Melaksanakan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Setiap program studi (prodi) di Universitas Slamet Riyadi mempunyai jurnal terakreditasi, setidaknya Sinta 2 (Science and Technology Index). Hal itu dikatakan wakil rektor...

Dr Anita Trisiana, Guru Besar ke-6 di Unisri

Dr Anita Trisiana kini menyandang gelar profesor. Surat keputusan (SK) guru besar Dr Anita diserahkan oleh kepala LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah Bimo...

137 Dosen Unisri Presentasikan Proposal Penelitian

Universitas Slamet Riyadi / Unisri Surakarta menggelar Seminar Proposal Penelitian tahun anggaran 2023/ 2024. Sebanyak 137 dosen tetap yang sudah ber-NIDN mempresentasikan proposal...

UKMW Unisri Gelar Expo 2024

Unit Kegiatan Mahasiswa Wirausaha “SMART” Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta gelar “Expo UKMW 2024” dengan mengambil tema “Membangkitkan Jiwa Wirausaha: Mengembangkan Kreativitas dan...

Prodi HI Unisri Gelar Diplomatic Course, Bahas Konflik di Palestina – Israel

Memasuki penghujung 2023, konflik antara Israel dan Palestina memasuki 76 tahun. Awal Oktober 2023, eskalasi konflik di Timur Tengah itu paling signifikan dalam...

FISIP UNISRI Gelar Workshop Kerja Sama Pengelolaan Jurnal Ilmiah, Libatkan 12 Perguruan Tinggi

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi / FISIP UNISRI Surakarta menggelar Workshop Kerja Sama Pengelolaan Jurnal Ilmiah. Kegiatan yang melibatkan...

Copyright 2024 | UNISRI