Home / Berita / Prodi HI Unisri Gelar Diplomatic Course, Bahas Konflik di Palestina – Israel

Prodi HI Unisri Gelar Diplomatic Course, Bahas Konflik di Palestina – Israel

Memasuki penghujung 2023, konflik antara Israel dan Palestina memasuki 76 tahun. Awal Oktober 2023, eskalasi konflik di Timur Tengah itu paling signifikan dalam beberapa dekade terakhir.

Konflik mengakibatkan banyak korban jiwa, hancurnya fasilitas kesehatan, sekolah, rumah, dan fasilitas umum lainnya. Serangan udara, darat, dan laut Israel menewaskan lebih dari 23.200 warga Palestina, dua pertiga jumlah itu adalah perempuan dan anak-anak.

Pada 26 Oktober 2023, digelar Sidang Majelis Umum PBB di New York. Sidang Umum PBB melakukan pertemuan darurat terkait konflik Israel dan Palestina.

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, mendesak Dewan Keamanan PBB untuk segera melakukan tindakan nyata di Gaza, agar warga sipil, awak media, tenaga kesehatan dapat dilindungi dan bantuan kemanusiaan dapat segera diberikan.

Prodi HI Unisri Gelar Diplomatic Course, Bahas Konflik di Palestina - Israel

Prodi HI Unisri Gelar Diplomatic Course, Bahas Konflik di Palestina – Israel

Kemudian, pada 12 Desember 2023, Majelis Umum PBB mengeluarkan resolusi tidak mengikat yang menuntut gencatan senjata dalam konflik Israel-Palestina di Gaza. Peran PBB dalam konflik Israel-Palestina telah menjadi sorotan di berbagai belahan dunia.

Melihat isu konflik Israel-Palestina dan peran PBB dalam menanggapi konflik itu, Laboratorium Ilmu Hubungan Internasional bersama Prodi HI Unisri Surakarta menyelenggarakan Unisri Diplomatic Course (UDC) 2024.

Tema yang diangkat, “The Role of the United Nations General Assembly (UNGA) in Addressing the Israel and Palestine Conflict”. H.E Nadjib Riphat Kesoema, Duta Besar Indonesia untuk Australia 2012-2017 menjadi pembicara tunggal dalam seminar itu.

“Tema ini sejalan dengan isu internasional yang kini jadi perhatian dunia,” kata Kaprodi Hubungan Internasional Unisri Surakarta Ganjar Widhiyoga, S.IP, M.Si, Ph.D ketika memberi sambutan.

UDC merupakan ajang mahasiswa mengasah skills dalam persidangan PBB. Tema mengenai kedamaian, keamanan, dan stabilitas konflik Israel dan Palestina menjadi fondasi bagi mahasiswa HI UNISRI untuk melakukan persidangan PBB.

Dalam mengasah skills persidangan PBB tersebut, mahasiswa tetap memerlukan insight dan knowledge mengenai konflik yang terjadi dan bagaimana langkah yang diambil oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa.

“Sehingga, diharapkan pada saat melakukan sidang, mahasiswa dapat menunjukkan skill yang memadai dengan berlandaskan knowledge yang didapatkan dalam seminar nasional,” kata Ganjar.(*)


Rektor Unisri Road Show Tanda Tangani MoU di Sejumlah Lembaga

Rektor Universitas Slamet Riyadi / Unisri Surakarta Prof Dr Sutoyo melakukan roadshow ke sejumlah lembaga untuk menandatangani nota kesepahaman kerja sama atau MoU....

Unisri Gelar Seminar Proposal, Dosen Wajib Melaksanakan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Setiap program studi (prodi) di Universitas Slamet Riyadi mempunyai jurnal terakreditasi, setidaknya Sinta 2 (Science and Technology Index). Hal itu dikatakan wakil rektor...

Dr Anita Trisiana, Guru Besar ke-6 di Unisri

Dr Anita Trisiana kini menyandang gelar profesor. Surat keputusan (SK) guru besar Dr Anita diserahkan oleh kepala LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah Bimo...

137 Dosen Unisri Presentasikan Proposal Penelitian

Universitas Slamet Riyadi / Unisri Surakarta menggelar Seminar Proposal Penelitian tahun anggaran 2023/ 2024. Sebanyak 137 dosen tetap yang sudah ber-NIDN mempresentasikan proposal...

UKMW Unisri Gelar Expo 2024

Unit Kegiatan Mahasiswa Wirausaha “SMART” Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta gelar “Expo UKMW 2024” dengan mengambil tema “Membangkitkan Jiwa Wirausaha: Mengembangkan Kreativitas dan...

Prodi HI Unisri Gelar Diplomatic Course, Bahas Konflik di Palestina – Israel

Memasuki penghujung 2023, konflik antara Israel dan Palestina memasuki 76 tahun. Awal Oktober 2023, eskalasi konflik di Timur Tengah itu paling signifikan dalam...

FISIP UNISRI Gelar Workshop Kerja Sama Pengelolaan Jurnal Ilmiah, Libatkan 12 Perguruan Tinggi

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi / FISIP UNISRI Surakarta menggelar Workshop Kerja Sama Pengelolaan Jurnal Ilmiah. Kegiatan yang melibatkan...

Copyright 2024 | UNISRI